Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI TERBARU

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI TERBARU-Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi bahasa dan sastra Indonesia kelas XI IPS MAN . . ., keterampilan menulis karangan narasi masih rendah. Hal ini disebabkan oleh motivasi siswa dalam manulis masih kurang dan kemampuan siswa membentuk kalimat-kalimat yang mempunyai kesatuan yang logis dan padu masih minim. Selama ini pembelajaran menulis paragraf narasi yang dilakukan guru masih menggunakan metode ceramah sehingga proses interaksi menjadi monoton. Contoh ptk bahasa indonesia smk pdf Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis paragraf narasi adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa yang diharapkan dapat mempermudah siswa dalam menulis narasi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas proses pembelajaran menulis paragraf narasi, peningkatan keterampilan menulis narasi, dan perubahan perilaku siswa kelas XI IPS MAN . . . setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi proses pembelajaran menulis karangan narasi, mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis paragraf narasi, mendeskripsi perubahan perilaku siswa kelas XI IPS MAN . . . setelah mengikuti pembelajaran menulis paragraf narasi dari teks wawancara dengan model pembelajaran kooperatif tipe explicit instructions teknik kronologis peristiwa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi guru dan penyelenggara pendidikan.
Desain penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas proses perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis paragraf narasi siswa kelas XI IPS. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS dengan jumlah siswa 21. Teknik pengambilan data adalah dengan tes dan nontes berupa jurnal observasi, jurnal siswa, jurnal guru, jurnal wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini diketahui bahwa kualitas proses pembelajaran menulis paragraf  narasi  dari  teks  wawancara  berjalan  baik  dan  lancar  meskipun  ada beberapa siswa yang kurang mengikuti pembelajaran tetapi dapat diatasi oleh peneliti. Selain itu, hasil tes keterampilan menulis narasi mengalami peningkatan dengan nilai tes prasiklus siswa dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 62,2. Pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 68,97. Pada siklus II nilai rata-rata sebesar 79,78, sehingga terjadi peningkatan sebesar 10,79 atau 15,6%. Hasil tes siklus II tersebut menunjukan bahwa seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 30 siswa dinyatakan tuntas. Adapun perilaku siswa mengalami perubahan ke arah yang positif. Secara keseluruhan perubahan tingkah laku siswa yang dinilai dari keaktifan dan sikap siswa mengalami peningkatan ke arah yang lebih positif yaitu sebesar 14,2 % dari 75,7% pada siklus I menjadi 86,5% .

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA yang diberi judul "PENINGKATAN  KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF NARASI DARI TEKS WAWANCARA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXPLISIT INSTRUCTIONS  TEKNIK  RONOLOGIS PERISTIWA PADA SISWA  KELAS XI-IPS MAN ... TAHUN PELAJARAN 2015/2016". Disini akan  di bahas lengkap.




PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMA 023).

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA MAN KELAS XI - PTK SMA 023