Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA SMP

CONTOH LENGKAP PTK BAHASA INDONESIA SMP-Keterampilan membaca  cerpen  siswa kelas 9.1 SMPN 2 ...  masih rendah. Hal tersebut disebabkan siswa merasa kesulitan dalam menceritakan kembali isi cerpen, siswa masih tidak menceritakan kembali hal-hal penting dalam cerpen dan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen. Hal ini disebabkan penggunaan pendekatan dan media pembelajaran kurang menarik dan membosankan. Selain itu, guru belum secara intensif untuk membimbing siswa dalam pembelajaran membaca cerpen. Terkadang guru  memberikan  materi pelajaran dengan metode ceramah dan tanya jawab saja sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik. Selain itu membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah keterampilan membaca cerpen siswa kelas 9.1 SMPN 2 .... Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas 9.1 SMPN 2 ... dengan jumlah 44 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, keterampilan membaca cerpen dan variabel metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Tes dilaksanakan dalam bentuk tes unjuk kerja, sedangkan teknik nontes diterapkan melalui observasi, jurnal guru  dan siswa, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang  digunakan pada penelitian ini adalah analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Download ptk bahasa indonesia smp kelas 9 doc

Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan keterampilan membaca pada siswa kelas 9.1 SMPN 2 ... setelah mengikuti pembelajaran yang menggunakan metode  P2R  dan  model  berpikir-berpasangan-berbabagi.  Pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 68,15 dalam kategori cukup. Nilai rata-rata pada siklus I belum mencapai batas ketuntasan yang telah ditetapkan oleh peneliti sehingga dilakukan siklus II. Setelah dilaksanakan tindakan siklus II, nilai rata- rata siswa mengalami peningkatan sebesar 15,67 atau sebesar 23% menjadi sebesar 83,82 dan berada dalam kategori baik. Perilaku siswa kelas 9.1 SMPN 2 ... dalam pembelajaran membaca cerpen dengan metode P2R dan model berpikir-berpasangan-berbagi mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan perilaku tersebut dapat dilihat dari data nontes yang terdiri atas observasi, jurnal siswa, jurnal guru, wawancara dengan siswa, dan dokumentasi foto. Berdasarkan data  hasil nontes siklus I mereka masih belum serius dalam menulis puisi, pada tahap revisi siswa belum aktif dalam pembelajaran, dan masih belum percaya diri menunjukkan hasil karyanya. Pada siklus II siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Siswa menjadi serius dalam  membaca cerpen, siswa aktif dalam pembelajaran, percaya diri dalam memaparkan hasil pekerjaannya.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas BAHASA INDONESIA yang diberi judul "PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA MELALUI TEKNIK BERCERITA DI SMP . . ."Disini akan  di bahas lengkap.



PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK BAHASA INDONESIA IX SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 027).

PTK BAHASA INDONESIA SMP KELAS IX TERBARU - PTK SMP 027


ptk bahasa indonesia smp kelas 9 kurikulum 2013, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 kurikulum 2013, ptk bahasa indonesia smp kelas 7, contoh ptk bahasa indonesia tentang menulis, ptk bahasa indonesia smp kelas 8 pdf, ptk bahasa indonesia untuk naik pangkat, ptk bahasa indonesia smp masa pandemi, contoh ptk bahasa indonesia smp kelas 8 di masa pandemi.