Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

DOWNLOAD PTK IPS KELAS IX SMP LENGKAP

DOWNLOAD PTK IPS KELAS IX SMP LENGKAP-Timbal balik antara siswa dan guru sangat diperlukan dalam proses pembelajaran di kelas. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode yang tepat, sehingga dapat menarik minat siswa untuk memberikan respon positif terhadap pelajaran. Kenyataan di lapangan, guru masih menggunakan metode ceramah, sehingga kegiatan belajar mengajar didominasi oleh guru, sedangkan minat dan aktivitas siswa di kelas rendah. Hal tersebut berdampak juga terhadap hasil belajar siswa yang rendah dan di bawah KKM.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD ( Student Teams Achievement Divisions) pada kompetensi dasar Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas 9.2 SMP Negeri 1 ... . Keberhasilan proses dinyatakan berhasil bila rata - rata aktivitas belajar siswa sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan 80%. Nilai keterampilan sosial, dan pengakuan adanya keragaman sudah mencapai skor lebih dari atau sama dengan empat atau kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa minimal 75% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes yang telah mendapat nilai minimal 71.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari instrument tes dan nontes. Instrument tes berupa soal kuis di akhir siklus I dan siklus I, sedangkan instrument nontes berupa lembar observasi, wawancara, dan angket. Analisis data nontes menggunakan teknik kualitatif. Download ptk ips smp kelas 9 doc
Hasil keberhasilan proses pada penelitian tindakan kelas ini adalah aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 61,05% menjadi 94,73% di siklus I. Keterampilan siswa pada siklus I menunjukkan nilai 3 atau kategori cukup, sedangkan pada siklus I memperoleh nilai 5 atau sangat baik. Pengakuan adanya keragaman diantara siswa juga mengalami kenaikan dari nilai 3 di siklus I menjadi 5 di siklus I. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,82 menjadi 81,25 pada siklus I, sedangkan rata-rata ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 57,15% meningkat pada siklus I menjadi 85,71%.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas IPS yang diberi judul "PENGGUNAAN METODE KOOPERATIF MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL ( IPS ) KELAS 9.2 SMP NEGERI 1 ... KECAMATAN ... KABUPATEN ... SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2015/2016"Disini akan  di bahas lengkap.


PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPS IX SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 031).

CONTOH LAPORAN PTK IPS SMP KELAS IX