Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPS GEOGRAFI SMP KELAS IX

CONTOH PTK IPS GEOGRAFI SMP KELAS IX-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran kooperatif model teams games tournament dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada pokok bahasan Perkembangan negara di dunia kelas IX di SMPN 04 ... . Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Objek penelitian adalah kelas IX SMPN 04 ...  dengan jumlah siswa 22 yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilakukan di kelas IX pada Bulan November tahun 2015 pada semester I tahun ajaran 2015/2016. Lingkup materi adalah Perkembangan negara di dunia dan pemanfaatannya di Indonesia. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, metode angket dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif. Model analisis interaktif meliputi 3 alur kegiatan, yaitu : reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Contoh ptk ips smp doc

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Metode Teams Games Tournament mendapat respon yang baik oleh siswa  sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, itu terlihat dari hasil tes pada siklus pertama maupun siklus kedua. Pada siklus pertama diperoleh hasil sebagai berikut : Nilai tes pada siklus pertama, dari jumlah siswa kelas IX sebanyak 22 siswa, yang mendapat nilai kurang dari 6,5 sebanyak 15 anak (67,5%), sedangkan yang mendapat nilai 6,5 ke atas berjumlah 7 anak (32,5 %),. Dari 22 siswa tersebut diperoleh rata – rata 5,75, kemudian untuk siklus kedua yang juga diikuti 22 siswa yang mendapat nilai kurang dari 6,5 ada 1 anak (5 %) dan yang mendapat 6,5 ke atas ada 21 siswa (95 %). Dengan metode teams games tournament dapat diperoleh ketuntasan belajar baik individu maupun klasikal. Dimana batasan ketuntasan secara klasikal adalah 85 % dari jumlah siswa yang mendapat nilai 6,5 ke atas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini lebih tinggi dari standar yang telah ditentukan. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan pada prosentase ketuntasan belajar. Siklus pertama mencapai prosentase klasikal 32,5 % dan pada siklus kedua diperoleh prosentase ketuntasan klasikal 95 %. Dari hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode teams games tournament mampu meningkatkan prestasi siswa. Hal ini dapat dilihat presentase yang dicapai yaitu meningkat 62,5 %.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas GEOGRAFI yang diberi judul "PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT  SEBAGAI SUATU ALTERNATIF DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA POKOK BAHASAN PERKEMBANGAN NEGARA DI DUNIA KELAS IX DI SMPN 04 ... KABUPATEN ... TAHUN AJARAN 2015/2016"Disini akan  di bahas lengkap.




PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK GEOGRAFI IX SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 036).

DOWNLOAD PTK IPS GEOGRAFI SMP TERBARU - PTK SMP 036