Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PTK DAN PTS

CONTOH PTK IPS SMP KELAS 9 KOOPERATIF

CONTOH PTK IPS SMP KELAS 9 KOOPERATIF-Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran ekonomi dan siswa SMPN 2 ... , salah satu hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran IPS adalah mengenai metode pembelajaran yang digunakan tidak efektif. Untuk mengatasinya, peneliti menggunakan model pembelajaran kooperatif metode Numbered Heads Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif metode NHT dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas 9.3 SMPN 2 ... .
Hipotesis tindakannya adalah peneliti menerapkan metode NHT pada pelajaran IPS materi Ekonomi, dengan begitu minat dan hasil belajar IPS Ekonomi siswa akan meningkat. Adapun indikator keberhasilannya adalah 75% nilai IPS Ekonomi siswa kelas 9.3 mencapai KKM > 65. Download ptk ips smp kelas 9 doc 
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pretes dan postes, serta instrumen nontes berupa lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, dan angket.

Berdasarkan hasil Normal Gain, hasil belajar siswa di siklus II dan III mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil belajarnya di siklus I. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode NHT berhasil belajar IPS Ekonomi siswa SMPN 2 ...  ... . Rata-rata N-gain siklus I adalah 0,4, rata-rata N-gain siklus II adalah 0,5 dan siklus III adalah 0,6 dengan begitu, indikator keberhasilan dalam penelitian telah tercapai karena seluruh siswa kelas 9.3 nilai IPS Ekonomi telah mencapai KKM yang telah ditentukan yakni 65. Berdasarkan hasil analisis angket, minat belajar siswa setelah belajar IPS Ekonomi dengan metode NHT adalah tinggi. Yakni rata-ratanya mencapai 32,72.
Setelah belajar dengan metode NHT, siswa menjadi lebih aktif dan mudah berfikir kreatif serta meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS materi Ekonomi. Motivasi belajarnya pun meningkat, dan lebih menyenangkan.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas IPS yang diberi judul "PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE NUMBERED HEADS TOGETHER DI SMP NEGERI 2 ..."Disini akan  di bahas lengkap.




PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE PTK IPS IX SMP lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS ke 0856-47-106-928 dengan Format PESAN PTK SMP 040)

DOWNLOAD PTK IPS SMP DENGAN METODE TERBARU - PTK SMP 040